Gambarkan Rambut di Kepala Karakter
Gaya rambut yang dipilih tergantung kalian sendiri, tetapi biasanya rambut anime memiliki ujung runcing dan bagian-bagian jelas. Kalian bisa menggambar gaya rambut pendek, cepak, menengah, dan panjang bergelombang dengan berbagai model. Apa saja gaya rambut yang dipilih, jangan menggambar setiap helai rambut. Alih-alih, buat bagian-bagian besar rambut, misalnya 4-5 bagian yang meruncing di ujungnya.
Kalau karakter memiliki rambut panjang, gambarkan dua ekor kuda, masing-masing di setiap sisi kepala dengan ujung runcing. Kalian juga bisa menggambar rambutnya ditarik menjadi cepol di atas. Selain itu, kalian juga dapat menggambarkan poni dengan membuat 3-4 bagian rambut yang turun dari dahi.
Untuk gaya rambut yang lebih pendek, kalian bisa menggambarkan 3-4 bagian rambut jelas yang menyamping di dahi karakter. Kalian juga bisa membuat gaya rambut tanpa poni dan menggambar beberapa garis dari garis rambutnya ke belakang kepala, sehingga tampak seperti disisir ke belakang. Kalau tidak, kalian bisa menggambarkan gaya rambut bob sampai ke dagu yang dibagi menjadi beberapa bagian tebal.
Tambahkan Telinga di Samping Kepala
Kalau kalian ingin karakter memiliki rambut yang menutupi telinga, langkah ini dilewatkan saja. Namun, jika kalian menginginkan karakter berambut pendek, gambarkan oval sempit di setiap sisi kepala. Buat bagian atas telinga sejajar dengan garis horizontal yang melalui bagian tengah wajah dan bagian bawahnya sejajar dengan bagian bawah hidung. Setelah itu, buat lubang telinga di dalam setiap oval. Bereksperimenlah dengan ukuran telinga karakter jika kalian ingin membuatnya lebih besar atau kecil.
Gambarkan Mulut di Sekitar Separuh Antara Hidung dan Dagu
Serupa dengan hidung, mulut karakter anime lazimnya sederhana dan samar. Untuk menggambar mulut, buat garis horizontal yang panjangnya kurang lebih sama dengan mata. Kalian tidak perlu membuat bibir. Jadikan mulut sebagai fitur kedua terkecil di wajah karakter anime setelah hidung.
Lengkungkan garis mulut ke atas jika kalian ingin karakter tersenyum atau ke bawah jika ingin tampak kecewa. Kalau kalian ingin karakter tersenyum dan menampakkan gigi, gambarkan garis lengkung ke atas di bawah garis horizontal yang dibuat sebagai mulut. Ruang putih di antara garis lengkung dan garis horizontal sebaiknya setinggi separuh panjang mulut. Ruang ini akan menjadi gigi karakter.
Cara Menggambar Tubuh Karakter Anime
Setelah mengerjakan langkah di atas, kalian bisa melanjutkan proses menggambar dengan menggambar bagian tubuh karakter anime. Sketsa biasanya berupa garis berbentuk tubuh manusia dengan bagian lingkaran di bahu dan telapak tangan.
Membuat Sketsa Tubuh
Gambarkan orang-orangan stik sebagai kerangka tubuh karakter. Buat garis lurus sebagai lengan, torso, dan kaki karakter. Panjang lengan dan torso karakter kurang lebih sama, sedangkan kakinya sekitar 1/3 kali lebih panjang. Selanjutnya, gambarkan segitiga atau oval sebagai telapak tangan dan kaki. Buat tangan sekitar 1/5 panjang lengan, dan buat telapak kaki sekitar 1/6 panjang kaki.
Supaya proporsinya tepat, buat orang-orangan stik sekitar tujuh kali panjang kepala karakter. Garis lengan sebaiknya dimulai pada sekitar 1/5 dari ujung atas garis torso. Buat orang-orangan stik karakter melakukan postur yang kalian inginkan, misalnya gambarkan kakinya ditekuk jika karakter kalian dalam posisi duduk atau buat lengannya ditekuk jika kalian ingin karakter sedang melambaikan tangan.
Cara Menggambar Anime Cowok dengan Perencanaan Lebih Besar
Karakter anime cowok cenderung memiliki kepala yang lebih besar daripada tubuh mereka, dibanding orang sungguhan. Mulailah cara menggambar anime cowok dengan bentuk yang lebih besar terlebih dahulu. Jika menggambar area seseorang, mulailah dengan kepala dan terus turun ke seluruh tubuh.
Jangan menggambar detail yang lebih kecil seperti fitur wajah, terutama jika belum punya bentuk seluruh tubuh. Cara menggambar anime cowok ini akan jauh lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan. Jika menggambar anime dan manga dengan wajah beserta detail fiturnya, terkadang bisa menemukan bahwa tubuh sebenarnya tidak pas.
Cara Menggambar Anime Cowok dengan Pengulangan Sama di Bagian Berbeda
Cobalah cara menggambar anime cowok dengan mempertahankan berbagai objek gambar dalam kondisi penyelesaian yang kira-kira sama. Misalnya cara menggambar anime cowok bagian mata, maka gambarlah bentuk luar tiap mata, lalu gambar bentuk setiap iris.
Melalui cara menggambar anime cowok ini, mulai lebih memperhatikan jika yang pertama tidak pada tempatnya. Sehingga pada cara menggambar anime cowok ini hanya perlu melakukan sedikit pelacakan ke belakang jika membuat kesalahan. Tujuannya agar tetap bisa selalu proporsional posisinya.
Hidung karakter anime cukup samar dan hanya terlihat ketika melihat karakter dari samping. Untuk menggambar hidung karakter anime, buat garis vertikal pendek dan sederhana di sepanjang tengah wajah atau titik tengah antara garis horizontal dan dagu. Buat garis lebih panjang jika kalian ingin hidung karakter tampak lebih besar.
Buat hidung sebagai fitur terkecil di wajah karakter. Hidung akan bertumpang-tindih dengan garis vertikal yang kalian gambar. Untuk melihatnya lebih jelas, buat lebih gelap daripada garis vertikal atau hapuskan garis vertikal di sekeliling hidung.
Karakter anime maskulin terkadang memiliki hidung yang tampak lebih mencolok, tetapi tidak selalu. Jika kalian ingin hidung karakter tampak lebih jelas, gambarkan garis horizontal di bawah garis vertikal sebagai bagian bawah hidung karakter. Selain itu, buat bayangan berbentuk segitiga di samping hidung, sehingga tampaknya cahaya datang dari samping karakter. Untuk gaya anime tertentu, misalnya chibi, kalian tidak perlu menggambar hidung.
Hapuskan Garis Bantu Horizontal dan Vertikal yang Digambar
Hapuskan secara hati-hati garis bantu tersebut agar kalian tidak melakukan kesalahan. Setelah kalian menghapus kedua garis, kepala dan wajah karakter sudah selesai.
Wir verwenden Cookies und Daten, um
Wenn Sie „Alle akzeptieren“ auswählen, verwenden wir Cookies und Daten auch, um
Wenn Sie „Alle ablehnen“ auswählen, verwenden wir Cookies nicht für diese zusätzlichen Zwecke.
Nicht personalisierte Inhalte und Werbung werden u. a. von Inhalten, die Sie sich gerade ansehen, und Ihrem Standort beeinflusst (welche Werbung Sie sehen, basiert auf Ihrem ungefähren Standort). Personalisierte Inhalte und Werbung können auch Videoempfehlungen, eine individuelle YouTube-Startseite und individuelle Werbung enthalten, die auf früheren Aktivitäten wie auf YouTube angesehenen Videos und Suchanfragen auf YouTube beruhen. Sofern relevant, verwenden wir Cookies und Daten außerdem, um Inhalte und Werbung altersgerecht zu gestalten.
Wählen Sie „Weitere Optionen“ aus, um sich zusätzliche Informationen anzusehen, einschließlich Details zum Verwalten Ihrer Datenschutzeinstellungen. Sie können auch jederzeit g.co/privacytools besuchen.